:::: MENU ::::

Sabtu, 05 Mei 2018


pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa informasi tentang negara kecil yang canggih dan maju, yaitu 'Jepang'. siapa yang tidak tau dan tidak ingin pergi ke jepang, sebuah negara mungil yang terkenal dengan tekhnologinya dan penduduknya tang taat akan peraturan negaranya. negara yang di juluki dengan 'Mata Hari Terbit' ini punya beberapa hal yang unik dan menarik, untuk kita warga negara indonesia yang belum tentu ada atau masih sulit di temukan di sini.

memangnya apa saja sih, hal hal yang menarik dan unik yang ada di negara jepang? mari kita simak ulasan dari katakita.ml berikut ini:

1. bisa langsung minum air keran dimana saja




Semua air kran yang ada di Jepang layak dan dapat diminum, jadi jangan khawatir bakalan sakit perut atau diare, aman kok bro. Jadi kita ga bakalan kesusahan menemukan lokasi yang ada kran atau air minum, di tempat-tempat umum seperti stasiun, tempat keramaian/pusat kota atau lokasi wisata ada air minum, tinggal buka mulut aja minum deh. Cuma klo kita melakukan perjalanan dan khawatir akan kehausan di jalan perlu juga kita bawa persediaan air minum dalam kemasan, buat jaga-jaga dan buat menghemat juga. Tadinya kupikir hanya di negara-negara besar dan maju aja dimana kita dapat langsung minum air dari kran, ternyata temanku dari Namibia (negara di Afrika) dan St. Kitts n nevis (negara di Karibia) mengatakan bahwa di negara mereka dapat langsung minum air dari kran, dalam hatiku "wah, masa kita kalah ama Namibia n St.Kitts" di Indonesia klo kita minum langsung dari kran bisa sakit perut, lah wong airnya penuh kuman dan bakteri juga tinggi kandungan kaporitnya.

2. beli barang elektronik? ngga perlu takut akan barang palsu



jangan takut akan barang palsu di jepang selain karena jepang adalah negara dengan tekhnologi nya yang maju dan berkembang, Menurut 'Emanoto' (petugas Kantor Perlindungan HKI/METI), pemerintah Jepang sangat konsen terhadap penanggulangan barang palsu/barang bajakan. Pasalnya, kata Mrs.EMONOTO, karena bisa merampas keuntungan finansial yang seharusnya diperoleh oleh pemegang hak, tapi dengan perbuatan itu keuntungan mengalir kepada sipeniru.Selain itu citra merek dan perusahaan pemengang hak paten akan menjadi buruk akibag adanya pembajakan hak paten ini. Dan lebih parah lagi jika produk yang “kawe” ( dipalsukan) tidak memperhitungkan standar kesehatan, jelas akan bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan konsumen serta dapat menurun inovasi perusahaan dan motivasi kreatif supemegang hak paten itu sendiri.

3. Buang Sampah Sudah ada jadwalnya


Bagi yang ingin tinggal di jepang siap-siap untuk mengikuti segala aturan lingkungan dan rumah tangga yang harus dijalani. salah satunya adalah mengikuti peraturan cara membuang sampah di jepang, sudah jadi kebiasaan orang jepang membuang sampah nya dengan rapi. Sampah-sampah dibungkus dengan plastik transparan ( tidak gelap ). Sampah kertas dibuang dalam wadah kertas seperti kantung kertas bekas belanjaan. Buku-buku bekas atau koran mereka ikat dengan apik dan lain sebagainya. Kebiasaan ini membuat tempat-tempat sampah di Jepang bebas dari bau.

4. di setiap sudut tempat terdapat mesin penjual otomatis


Vending Machine atau mesin penjual otomatis terkadang memang menjadi teman yang baik di perjalanan saat di Jepang jika kita terburu-buru atau nggak ada toko disekitar kita. Selain mesin-mesin penjual air mineral atau kopi ternyata juga banyak Vending Machine yang “aneh” dan mungkin hanya akan anda bisa temukan di Jepang, seperti ramen, pizza, cupcake, hingga celana dalam ada lho disana.

5. fasilitas untuk orang difabel sangat memadai




Hampir di setiap pusat keramaian selalu ada fasilitas untuk kaum difabel; toilet khusus, tempat parkir khusus, hingga tombol penyeberangan khusus. Semua diset sebegitu rapinya dan sudah ada GD-nya. Kaum difabel menjadi prioritas utama di pusat keramaian. Bukan karena berpikir bahwa presentase kaum difabel sangat kecil, sehingga pemerintah abai untuk hal yang satu ini. Tapi, kewajiban pemerintah untuk melayani rakyatnya secara totalitas yang harus diutamakan. Karena pemimpin itu pelayan, dan tugas pelayan adalah melayani.

6. semua Transfortasi umum datang tepat sesuai jadwal



Alat transportasi yang paling populer di Jepang tentunya adalah kereta. Jika kereta mengalami eterlambatan, waktu keberangkatan akan dipercepat dari jadwal. Sementara itu, bus dan angkutan umum lainnya di Jepang memiliki waktu berangkatnya masing-masing dan selalu tepat waktu.
Jadwal kereta api di Jepang cuma bisa kacau jika terjadi bencana alam. Karena kereta akan otomatis berhenti jika tiba tiba terjadi bencana seperti gempa atau tsunami. Selain daripada bencana alam, pengelola akan terus memantau agar tak ada kereta mogok yang akhirnya mengganggu jadwal kereta lainnya.

7. antri tertib adalah sebuah kebiasaan


salah satu kebiasaan orang jepang yang membuat saya kagum adalah penduduknya yang disiplin dan tertib ketika mengantri, Di dalam antrian yang sangat panjang sekalipun, tidak ada, atau sangat jarang ditemukan ada yang menerobos antrian.

8. tidak ada orang merokok di tempat umum, karena ada tempat khusus untuk peroko



Jepang mempunyai aturan yang ketat dalam urusan merokok di tempat umum. Di kota-kota besar kalian akan dikenakan denda jika merokok di jalanan dan di tempat umum. Pastikan jika kalian ingin merokok di tempat umum, merokoklah di area khusus merokok. Di stasiun kereta juga tidak diperbolehkan untuk merokok, kecuali di area khusus merokok.

9. Di Jepang, Kantor Izinkan Karyawan Tidur Siang


Kebiasaan yang disebut "inemuri" ini dianggap sebagai bagian penghargaan yang diberikan oleh perusahaan atas kerja keras karyawannya. Perusahaan tidak menganggap hal ini sebagai bentuk kemalasan, melainkan untuk meningkatkan produktivitas karyawannya.

10. Kedisiplinan dan Malu


Tidak diragukan lagi orang Jepang sangat disiplin, hal ini terbukti dengan kedatangan mereka yang selalu tepat waktu. Sebisa mungkin mereka juga tidak akan melanggar peraturan yang sudah dibuat. Hal ini dikarenakan cara didik dan pola fikir mereka yang menyatakan, dengan datang telat atau melanggar akan membuat mengganggu atau merepotkan orang lain dan membuat malu diri mereka sendiri.

11. Manga kafe



Ini adalah tempat di mana kita enggak hanya membaca manga kayak di perpustakaan, tetapi juga ada fasilitas di mana kita bisa mengakses internet, makan, sampai tempat tidur juga ada!




loading...
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Kata Siapa ? Kata Kita ! Kosan Nomor 1