:::: MENU ::::

Jumat, 04 Mei 2018


 
Hai sahabat kita, kali ini saya akan menjelaskan cara membuat blog di blogspot untuk bisnis online. Sebelum saya jelaskan cara membuatnya kita harus tahu dulu apasih sebenarnya blog itu?
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web atau sebuah catatan pribadi yang dimuat dalam sebuah posting dan disimpan dalam sebuah halaman web online dan biasanya bersifat terbuka bagi siapa saja yang mengunjungi dan membaca isi dari blog tersebut.

Langkah-langkah membuat akun blogspot
  1. Langkah pertama yang Sahabat Kita lakukan untuk membuat Blog di Blogspot adalah membuka situs resmi Blogger.com, sahabat bisa mengklik alamat yang saya sertakan dibawah ini agar sahabat kita yang membaca artikel ini dapat membuka Blogger dalam versi bahasa Indonesia pada browser sahabat, dengan menggunakan bahasa indonesia sahabat kita yang belum begitu mengerti tentang bahasa inggris akan dapat melakukan langkah-langkah berikutnya dengan mudah, klik Blogger.com ,

  2. Kemudian klik tombol "Buat Blog"

  3. Kemudian memasukan akun google milik sahabat, jika belum punya bisa membuat akun gmail disini. masukan akun Gmail dan password ke kolom yang tersedia, lalu sahabat klik tombol “Masuk”.kalau kurang jelas bisa lihat gambar dibawah.


  4. Setelah sahabat melakukan langkah-langkah di atas sekarang sahabat akan menemukan tombol “Blog Baru” , sahabat klik tombol tersebut untuk membuat blog baru, biasanya tombol ini terletak sebelah kiri atas pada tampilan halaman tersebut, kemudian sahabat akan menemukan beberapa kolom - kolom yang harus sobat isi, diantaranya:


    Kolom Judul
    : Kolom judul berfungsi untuk menamai blog yang sahabat buat, misalnya "Kata Kita" 
    Kolom Alamat: Kolom ini berfungsi untuk menamai alamat blog sahabat, tentunya sesuai dengan keinginan sahabat, perlu diingat bahwa alamat blog yang sudah dibuat oleh pengguna lainya tidak bisa didaftarkan ulang, jadi sobat harus mencari alternatif lainya, misalnya “contohkatakita.blogspot.com” 
    Pilih Template: Pilihlah template sesuai dengan selera dari sahabat, biasanya blogger sendiri sudah menyediakan beberapa pilihan tampilan standart. tetapi apabila sahabat berkeinginan merubah sendiri tampilan blog sahabat nanti bisa dirubah pada menu Edit Template
  5. Kemudian klik "Buat Blog", dengan begitu sahabat telah berhasil membuat blog di blogspot.
  6. Untuk melihat tampilan blog yang sudah kita buat, klik "lihat blog".



  7. Membuat posting artikel pada blogspot, setelah sahabat kita mengetahui cara membuat blog di Blogspot, kemudian sahabat dapat menulis artikel pada Blog yang sahabat buat. Pada bagian ini katakita akan mengulas sedikit mengenai cara menulis artikel di Blogspot, supaya nanti sahabat tidak kebingungan dalam memulainya dan bisa mengembangkan blog sahabat menjadi blog yang sangat powerfull untuk bisnis online.


    1. Judul Artikel: Perlu diperhatikan dalam membuat judul blog, sahabat kita jangan menggunakan judul artikel yang terlalu panjang karena blogger akan membatasi panjang karakter yang sahabat buat untuk judul artikel.
    2. sahabat bisa memasukan artikel atau kontent kedalam kolom kontent yang sudah tersedia. dan kontent yang bisa sahabat masukan berbentuk text, images, dan juga video.
    3. Pada kolom artikel juga sudah disediakan beberapa fasilitas untuk mengatur format text, menambah link, dan lain sebagainya, dan biasnya terletak dibawah judul kontent.
    4. Label, pengisian label bisa digunakan untuk memilah - milah artikel yang nantinya juga difungsikan sebagai kategori pada blog sahabat. biasnya label juga difungsikan untuk membuat menu nafigasi, karena untuk membuat menu di bloger, biasanya dengan memanfaatan label kontent. untuk pemula memang bisa dibilang agak sulit membuat menu pada platform Blogspot.
    5. Penjadwalan Posting, Bloger sendiri juga menyediakan fitur untuk menjadwalkan kapan artikel tersebut dipublikasikan tentunya sesuai dengan keinginan dari sahabat sendiri. sahabat juga bisa menambahkan lokasi dimana artikel itu dibuat.
    6. Setelah semuanya sudah siap sahabat bisa mengklik tombol "Publikasikan" dan sahabat akan menemukan kontent yang dibuat sudah online dan dapat dibaca oleh pengunjung blog sahabat.
    Sekarang sahabat sudah mempunyai sebuah blog, dan beberapa artikel-artikel yang sudah sahabat buat, pada step ini mungkin sahabat bertanya, bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog ?. Nanti katakita akan membahasnya. 

    Sekian ulasan dari cara membuat blog di blogspot untuk bisnis online, terimakasih sahabat.




loading...
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Kata Siapa ? Kata Kita ! Kosan Nomor 1