Header Ads

CARA MENGGANTI BATRAI CMOS LAPTOP AXIOO NEON MNG YANG SUDAH


Okay gaes kembali lagi bersama saya penulis yang  akan memberikan tutorial yang pastinya bermanfaat bagi kalian ya, mudah-mudahan ya :) :) :)........

gw mau mengucapkan selamat bulan ramadhan dulu buat kalian gaes. semoga yang sedang menjalankan ibadah puasa dilimpahkan pahala nya. aminnn, dan yang tidak kalah penting di bulan yang penuh keberkahan ini, kenapa berkah???.. ya tidurnya orang puasa aja dapet pahala ya. waarrr biasa. tapi bukan yang tidur dari pagi ampe sore juga ya. itumah puasa nya yang malem kali ya. hehehe

baiklah kita lanjut ke pembahasan tutorial kita mengenai si batrai cmos itu. apa sih batrai cmos ???. ya yang belum tau gw kasih tau dulu ya. batrai cmos itu ialah sebagai sumber tegangan listrik untuk menghidupkan komponen timer yang ada di motherboard entah itu laptop maupun komputer ketika dalam keadaan posisi sedang off atau tidak menyala. jadi batrai cmos itu fungsinya sebagai sumber daya untuk mengaktifkan timer yang ada di laptop atau komputer saat keadaan tidak menyala. nah kenapa mesti ada batrai cmos? ya yang jelas kalau engga ada batrai cmos, timer atau waktu yang berada di laptop otomatis tidak sesuai dengan yang sesuai sekarang. jadi kalau bisa browsing internet harus atur ulang waktu sehingga sesuai dengan waktu yang sekarang, karena kalau batrai cmos nya habis waktu akan tidak sesuai dengan waktu yang sekarang. yahhh menurut saya seperti itu. kurang lebihnya mohon di revisisi ya ... ehhh salah revisi maksudnya gaes.

okay kita langsung ke TKP aja ya, gimana caranya trus apa aja alat dan bahannya...
Alat:
  • obeng minus dan plus.
Bahan:
  • batrai cmos, harga nya kisaran Rp. 6000-10.000 -+
  • selotif hitam untuk kabel listrik.
  • lampu led untuk test batrai (kalau ada).
nah itula alat dan bahanya ya gaes....

1. langsung ketahap awal aja ya, buka cover body belakang menggunakan obeng plus, lakukan hal yang sama sampai baud terlepas semua di cover body bagian belakang.


2. jika baud sudah terlepas semua buka cover body belakang. lalu cabut batrai cmosnya ya gaes. dicabut jangan cuma diliatin buat apa ya..... hehe 

3. jika sudah dicabut, lalu lepas selotip yang membungkus bagian batrai cmosnya. jangan takut-takut ente kupas aja tu selotip kan nati juga di ganti ama yang baru. jika selotip sudah terlepas kalian tinggal lepaskan bagian plat yang menempel ke batrai cmos nya ya. menggunakan obeng minus, congkel aja. dan jika sudah untuk kabel yang merah itu untuk tegangan positi dan yang hitam itu untuk tegangan negatif.


4.lalu siapkan batrai cmos yang baru, jika semua proses pelepasan sudah dilakukan ya gaes. tinggal kita memasang ulang ya. untuk pemasangan sebetulnya bawaan pabrik itu untuk menempelkan antara plat negatif dan positif menggunakan solder khusus. berhubung saya engga punya ya tadi itu solusi nya langsung menggunakan selotip hitam untuk kabel, yang terpenting ketika kalian akan menempelkan kedua plat pada bagian tersebut caranya aga ditarik bagian selotipnya agar menempel dengan batrai cmos nya. supaya tidak ada longgar dibagian plat yang menempel pada batrai cmos nya. 

5. nah jika tahap diatas sudah semua dilakukan, kalian tinggal mengetesnya saja menggunakan led (kalau ada). jika menyala maka tindakan pengganti batrai cmos sudah berhasil, kalian tinggal memasang kembali pada laptopnya kembali ya.


nah cukup mudah bukan untuk mengganti batrai cmos laptop kalian gaes. lumayan dengan modal Rp. 10.000 kalian sudah dapat memperbaiki batrai cmos laptop plus dapat pengetahuan baru. siapa tau temen kalian ada yang punya masalah yang sama, kalian tinggal menerima jasa ganti batrai cmos. itung-itung buat nambah uang jajan. lumayan lumayan.

Baiklah cukup sekian tutorial cara mengganti batrai cmos nya. semoga dapat bermanfaat bagi kalian gaes.
Terima Kasih


SELAMAT MENCOBA


Bola merah adalah bundar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.