:::: MENU ::::

Kamis, 24 Mei 2018


Okay bertemu kembali, masih bersama saya penulis yang akan memberikan berbagai macam turorial yang bisa diservis dirumah sendiri tanpa harus kalian repot-repot membawanya ke tukang servis, dan so pasti biayanya pun dijamin murah, eh engga murah juga sih soalnya mesti membeli kompenen yang musti diganti juga hehe, etapiiii kenapa murah?.... ya murah atuh orang beli komponen nya sendiri bongkar sendiri plus pasang juga sendiri ya gaes. ya pasti dijamin murah meriah, ya meskipun perlu perjuangan untuk mendapatkan hasil seperti semula ya. tapi dibalik semua itu kalian dapat ilmu yang bermanfaat khususnya bagi kalian, umumnya bagi teman maupun tetangga kalian,. mantappppp.

Yang jadi pertanyaannya gearbox mesin cuci itu apa?....
singkatnya kalau di sepeda motor gear rantai ya gaes yang fungsi nya untuk memutarkan roda belakang supaya bisa berjalan, ya kalau di mesin cuci  fungsinya kurang lebih sama untuk memutarkan, cuma yang diputarkan disini ialah bagian pulstator nya yah. kurang lebih seperti itu fungsi si gearbox mesin cucinya ya....

Terus tanda kalau gearbox nya rusak seperti apa?.... Nah untuk tanda nya bisa kalian coba menyalakan mesin cuci yang ada dirumah kalian. Jika sudah, maka tanda yang pertama dari suara mesin cuci kasar dibagian tabung untuk mencuci pakaian ya gaes, suara menggerudug tidak beraturan. lalu tanda yang kedua ialah dari bagian pulstator yang kadang berputar dan juga tidak. dikarenakan gearbox yang fungsinya untuk memutar dalam kondisi rusak.
Nah itulah tanda jika gearbox dalam keadaan sudah rusak ya gaes. lalu bagaimana cara mengatasinya?.. ya kalian harus mengganti gearbox mesin cucinya ya. sudah pasti mesti diganti, karen kalau tidak diganti, ya mesti mencuci ala tradisional dengan cara menggunakan sikat. bukan begituu....

Lalu kalau untuk servis ditukang servis kira-kira ongkos nya berapa? mendengar cerita dari tetangga sih, kurang lebih Rp. 250.000-300.000, kan lumayan tuh dari pada membawa ke tukang servis mending coba mengganti dirumah ya. itung-itung nyari kegiatan di waktu senggang sambil nambah pengetahuan baru. Nah kalau dirumah membetulkan sendiri, anda hanya akan membutuhkan biaya kurang lebih Rp. 125.000-150.000 saja. itu kalau membeli komponen gearbox di toko dekat rumah ya, beda lagi kalau kalian membelinya di toko online biaya yang anda butuhkan hanya sekitar Rp.100.000 saja yah, lebih murah bukan. dan yang terpenting jika anda akan membeli di toko online pastikan dahulu barang yang akan anda beli yah apakah sama atau tidak dengan gearbox yang ada dirumah yang akan diganti ya. supaya tidak salah beli nanti kerjaan dua kali dah yang ada ya. dan jika anda membeli ditoko harus jeli juga yah. barang yang dibeli harus sama persis dengan yang aslinya yah. karena terkadang ada saja perbedaan jika kita sudah membelinya meskipun sama persis.

Nah penjelasan mengenai masalah lalu biaya yang harus dikeluarkan berapa, jika kalian mau menggeanti gearbox mesin cuci sudah dijelaskan. Sekarang tinggal cara memasangnya ya gaes.
lanjut ke alat apa saja yang harus disiapkan untuk memulai eksekusinya ya. Markicu.... Mari kita cusss....

Alat:

  • Obeng plus dan minus
  • Kunci shock ukuran 8 (disarankan)
  • Tang
Okay itulah alat yang dibutuhkan untuk melepas gearbox mesin cuci nya. dan untuk kunci shock ukuran 8 jika tidak ada bisa menggunakan kunci pas ukuran 8 juga tidak apa-apa ya gaes, cuma saran sih mudahnya menggunaka kunci shock. dan sebetulnya ada dua cara untuk membuka gearboxnya. yang pertama ialah menggunakan kunci shock ukuran 8 dan yang kedua cukup menggunakan obeng yang plus ya. cuma terkadang, karena baud yang akan dilepas oleh kita sudah berkarat jadi disarankan menggukan kunci shock ukuran 8 saja, untuk meminimalisir baut slek atau rusak ya.

Nah sekarang lanjut cara membuka gearbox nya saja ya.
1. Bawa mesin cuci ketempak yang aga luas untuk membuka nya ya, karena kan ukuran mesin cuci nya lumayan besar juga tuh. supaya kita leluasa melakukan eksekusi nya.

2. Jika sudah, kalian tinggal membuka bodi yang menutupi bagian belakang dengan  menggunakan obeng plus ya gaes. jika sudah terlepas maka akan nambak gearbok nya ya gaes. sekarang kalian tinggal melapas panbel yang terpasang di gearbok nya saja. nah foto yang ada dibawah ini panbel sudah terlepas.


 3. Jika bodi belakang dan panbel yang terpasang di gearbox sudah dilepas, biarkan saja dulu. lanjut untuk melepaskan bagian pulstator nya saja dulu yang berada pada bagian dalam tabung mesin cuci nya ya. untuk cara nya ialah dengan menggunakan obeng minus dulu, di usahakan untuk obeng minus nya yang berukuran kecil ya, soalnya fungsinya untuk mencungkil penutup baud pulstator. Jika sudah terlepas bagian penutup baud pulstatornya, lanjut melepas baud utama pulstator yang terpasang pada gearbox dengan menggunakan obeng plus yang berukuran besar supaya kuat, karena ini adalah baut bagian utama yang mengencangkan bagian pulstator dan bearbox mesin cuci nya.
Bagian yang dicungkil bisa diliat pada gambar yang diberi tanda panah ya gaes.


4. Nah jika sudah berhasil tercungkil penutup baud pulstator nya, lanjut lepaskan baud utama yang terpasang pada pulstator dan gearbox nya, menggunakan obeng plus. pada saat melepaskan baud usahakan secara hati-hati dikhawatirkan jika tidak hati-hati akan merusak drat baud nya. dan susak untuk melepaskan, karena berada di bagian dalam pulstatornya.


 5. Lanjut, jika baud sudah terlepas. tarik pulstator dari bagian tabung pencuci pakaian gaes. simpan ditempat yang aman. harus ini mah. hehe



6. Bagian pulstator sudah terlepas. lalu kembali ke laptop, eh salah. maksudnya kembali kebagian bawah, yaitu bagian gearbox maksudnya gaes. sekarang kita tinggal melepaskan bagian gearboxnya menggunakan kunci shock ukuran 8 atau bisa juga obeng plus yang berukuran panjang ya. dibaguian ini ada empat baud yang mesti di lepas oleh kita gaes. dibagian ini lah yang memakan waktu yang lumayan banyak apalagi bagi pemula yang pertama kali mencobanya ya. harap bersabar ini tantangan gaes. dan contoh posisi baud yang musti dilepas ditandai oleh panah warna merah.


 7. Satu jam kemudian. hehehe akhirnya bagian gearbox mesin cuci sudah terlepas dari bodi mesin cucinya ya gaes.
Dan inilah wujud si gearbox  tersebut, eng ing engggg. bentuknya sih udah kaya gangsing ya, tinggal dililit tali terus tarik dah.... hehe



8. Tahap demi tahap sudah di eksekusi untuk mengganti gearbox mesin cuci ya. istrahat aja dulu ngupi aja dulu, diem diem bae atau nge es nge es aja dulu, hayu hayu bae. hehehe mantap kan. coba kalau dibawa ketukang servis engga bisa dapet info dan ilmu kita ya, kalau ganti sendiri dirumah kan lumayan lah irit biaya dan yang suda pasti tau cara bagaimana menggantinya. siapa tau kapan-kapan ada tetangga yang minta tolong untuk ganti gearbox kita sudah tau dan bisa membantu. manfaat banget kan. dan satu lagi yang penting ialah waktu yang dihabiskan untuk menunggu sampai mesin cuci betul seperti semula hanya hitungan jam, bila peralatan  sudah tersedia semua. pokoknya terbaik dah gaes....

Istrahat udah, cerita juga udah lanjut ke pekerjaan kita yang di tinggalkan sebentar tadi. Proses selanjutnya ialah siapkan gearbox kondisi baru yang sudah dibeli oleh kalian ya gaes. dan untuk proses pemasangan lakukan hal yang sama seperti tadi yang kalian lakukan saat membuka bagiannya satu-persatu. dan jangan lupa untuk teleti saat memasang jangan sampe ada baud atau bagian yang lupa terpasang ya gaes. supaya tidak ada pekerjaan dua kali. dan hasil yang telah dilakukan tadi tidak sia-sia. mantappppp. dan dibawah ini gambar gearbox yang baru gaes. jangan lupa dipasang, jangan diem diem bae.....



Dan untuk proses pemasangan saya tidak masukan kedalam artikel ini, karena prosesnya kurang lebih sama seperti ketika saat kita lakuka pelepasan bagian-bagian komponen yang mesti dilepas ya. jadi untuk proses pemasangan pasti kalian sudah pada faham step by step nya ya.....

Mungkin cukup sekian tutorial cara mengganti gearbox yang sudah rusak, semoga dengan informasi yang telah saya berikan dapat menambah ilmu bagi kalian dan juga tentunya bagi saya sendiri. aminnnn.
Terima Kasih


SELAMAT MENCOBA




loading...
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Kata Siapa ? Kata Kita ! Kosan Nomor 1