:::: MENU ::::

Rabu, 23 Mei 2018

Hello selamat malam gaes berjumpa kembali bersama saya penulis yang akan memberi wawasan mengenai berbagai tutorial permasalahan yang berhubungan dengan dunia Digital, yang insyaallah bermanfaat yaaaa gaes. aminnnn

Dalam kesempatan kali ini gw mau kasih tutorial cara mengganti keyboard laptop asus seri A455L yang sudah eror ya gaes. tanda jika keyboard laptop kalian sudah eror, awal kita menyalakan laptop pun sudah ketauan yaitu tanda nya dengan tedengarnya suara bef nah itu berarti ada tombol keyboard yang tertekan. tanda lain yaitu dengan kalian mencoba mengetik salah satu huruf ada yang tidak berfungsi, tapi bukan hanya huruf angka dan tanda-tanda yang lain juga bisa tidak berfungsi bila keadaan keyboard sudah eror. misalkan kalian mau mengetikan tulisan PACAR eh yang tampil di layar malahan tulisan MANTAN, kan engga asik ya diliat nya juga. yang ada bergelimang air mata karena teringat MANTAN kalian gaes.... wkwkwk. nah itulah contoh singkat jika keyboard kalian eror atau rusak ya gaes... bukan mantan yang eror. hehe
Dan manfaat jika kalian bisa mengganti keyboard sendiri dirumah yaitu hemat alias duit engga bakalan keluar banyak. masa sih...?  tentu iya. karena jika kalian mengganti di tukang servis kira-kira biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 200.000 - 300.000 cukup lumayan kan untuk nominalnya. untuk anak kost biaya segitu bisa buat makan setengah bulan gaes. jadi mending ganti sendiri dengan merogoh kocek sekitar Rp. 80.000 -+ keyboard laptop asus kalian sudah bisa kembali berfungsi seperti semula. dan yang pasti nambah ilmu siapa tau jadi tukang servis nomor wahid di area kosan ya. kan lumayan buat nambah-nambah bayar kosan. hehehe

Baiklah jangan berlama-lama lagi langsung eksekusi aja si keyboardnya ini. udah engga sabar juga pengen melihat hasilnya kan.

1. Siapkan peralatan tempurnya nya dulu biar eksekusi berjalan dengan aman dan lancar ya gaes. alat dan bahan nya:

Alat dan Bahan:
  1. Obeng plus + dan minus -
  2. Pisau ukuran kecil
  3. Keyboard asus seri A455l
  4. Lem lilin di foto engga ada
  5. Korek gas
  6. Kopi bila perlu hehe

2. Jika semua alat dan bahan sudah tersedia, langsung buka bodi atas dan bawah keyboard saja, dengan cara memutar baud dengan obeng plus. lakukan hal yang sama sampai bodi atas dan bawah terbuka, caranya dengan cara mencungkil menggunakan obeng minus secara perlahan-lahan gaes. kalau saya menggunakan kuku lebih aman anti lecet, bodi yang aman kuku yang lecet tapinya hehe. sayangi laptop anda ya. jaga baik-baik supaya engga lecet. 



3. Lanjut jika sudah terbuka bodi atas dan bawah, lepaskan kabel fleksible keyboard dan touchpad laptop kalian gaes, slow tapi aman ya...


4. Jika sudah terlepas kedua kabel fleksiblenya, lalu buka bodi atas dan bawah laptopnya .



4. Lalu kalian tinggal fokus kebagian bodi atas aja ya gaes tempat dimana keyboard terpasang, body yang bawah mah abaikan aja, kaya mantan ya. lupakan aja dulu hehe. selanjutnya kalian tinggal melepaskan keyboard yang terpasang di bodi atas, caranya nya sama, dengan cara mencungkilnya, sebetulnya banyak cara untuk melepaskan nya. berhubung yang paling cepat menurut saya dengan cara mencungkilnya saja. alat yang digunakan bisa menggunakan obeng minus dan yang paling efektif ialah menggunakan pisau yang berukuran kecil ya gaes. untuk proses ini lumayan memakan waktu yang lama. soalnya keyboard untuk tipe ini bukan di baud di bodinya tapi untuk menempelkan keyboard ke bodi atas dengan cara, menempelkan bagian body dengan keyboard disetiap pin direkatkan dengan cara dipanaskan ke bagian lubang-lubang di keyboardnya. jadi, mohon bersabar ini tantangan ya.  maaf ya foto nya blur.


5. Jika semua pin yang menempel kebagian keyboard sudah terlepas dengan mencungkilnya. lalu lepaskan keyboardnya yang menempel ke bodi atas. nah foto dibawah ini kondisi keyboard yang sudah terlepas dengan bodi bagian atas ya. 


6. Lalu kalian tinggal siapkan keyboard yang sudah dibeli tadi ya. kalau bisa dicoba dulu ya ke laptopnya. karena ditakutkan ada bagian huruf atau angka yang eror (meskipun baru kan kita belum tau berfungsi semua atau tidak ya). soalnya kalau sudah direkatkan ke bagian bodi atas, kalau ada yang eror beberapa huruf atau angka kalian harus membongkarnya lagi kan. jadi pekerjaan 5 kali ya... bukan begitu. yang ada nanti melehoy ente-ente.... iya iya iya.


7. Lanjut, tinggal pasang ke bodi atas keyboard laptop kalian gaes, kan kalau bawaan pabrik pasang nya dengan cara memanaskan pin yang ada dibagian bodi atas kebagian lubang keyboardnya. kalau kita, lah kita luuu aja kaliiii. hehe. nah kalau kita, berhubung alatnya terbatas, maka solusinya dengan cara menggunakan lem tembak ya. lebih bagus ada alatnya buat memaskan lem lilinnya. berhubung saya tidak mempunyai alatnya. disini saya untuk melelehkanya menggunakan korek gas ya gaes. bener-bener seadanya yang penting ni laptop berfungsi seperti semula. engga kaya sebelum diganti keyboardnya. mau ngetik PACAR malah yang muncul tulisan MANTAN ya. hehe. kan engga lucu ya.....
Jika keyboard sudah terpasang dengan lancar dan presisi kebodi atas laptop. dan yang perlu digaribawahi untuk pemasangan menggunakan lem lilin ini kurang sesuai seperti bawaan pabriknya, soalnya dibagian sisi keyboard lain terkadang ada yang kurang menonjol keatas. tinggal kalian rajin mengelemnya aja ya. biar tombol-tombolnya muncul keatas semua dan rata semua posisinya.


8. Nah jika sudah semua bagian keyboard terpasang kebodi atas laptop, kalian tinggal merakitnya kembali kebagian bodi bagian atas yaaa, supaya terlihat bentuk aslinya lagi kan gaes. iya iya iya......


9. Baiklah tinggal memasuki tahap akhir yaitu pengecekan hasil dari eksekusi kita gaes, apakah berhasil atau gagal ya gaes......
Markicus..... Mari kita cus..... sory banget videonya kurang jelas ya...


Okay gaes alhamdullilah eksekusi nya berjalan dengan lancar meskipun kondisi keyboard tidak sama seperti asli bawaan pabrik, terdapat beberapa bagian yang kurang menonjol di bagian tombol huruf. tapi secara keseluruhan eksekusi berjalan dengan lancar ya. dan yang paling terpenting bisa berfungsi seperti semula ya gaesss.
Dan info juga. disini saya mempraktekan pada laptop asus seri A455L namun untuk keyboard yang dipasang menggunakan seri asus X455L. dan untuk keyboard laptop asus seri A455L dan seri X455L itu sama ya gaes, kalau untuk seri yang lain saya kurang tau, jadi jika ingin mengganti keyboard laptop untuk seri yang lain. mohon untuk mencari referensi terlebih dahulu supaya tidak salam membelinya ya.
Saya membeli keyboard laptop asus dengan seri A455L ini ditoko online karena harga yang lumayan murah dibanding beli ditokonya langsung.
Jadi saran saya carilah keyboard atau apapun ditoko online terlebih dahulu. siapa tau harga nya beda jauh dengan yang ada ditoko, kan hemat tuh lumayan irit biaya kan.
Dan yang terpenting jika ingin beli ditoko online mohon untuk menghubungi melalui layanan chat yang tersedia di setiap toko jual beli online ya. supaya tidak salah membeli barang.
Nah cukup sekian tutorial yang dapat saya berikan. semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua gaes. jika kurang jelas untuk tutorial nya bisa ditanyakan lewat kolom komentar ya....
Terima Kasih


SELAMAT MENCOBA





loading...
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Kata Siapa ? Kata Kita ! Kosan Nomor 1