:::: MENU ::::

Kamis, 10 Mei 2018


hallo sahabat kita, kembali lagi bersama kami di 'katakita', kali ini saya akan menjelaskan perbedaan dari Mediatek dan  Qualcomm Snapdragon.
sekarang ini teknologi sudah serba canggih, khususnya teknologi telepon pintar. semakin maju dan pesatnya telepon pintar di barengi dengan banyak nya fitur baru yang disematkan didalamnya.   

Dalam memilih telepon pintar, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan khususnya dalam melihat beberapa spesifikasi yang di tawarkan. Salah satu nya adalah pada spesifikasi Prosesor, karena chipset yang tertanam di dalam telepon pintarmu pasti akan mempengaruhi kinerja smartphone yang kamu beli

nah berikut ini adalah perbedaan dari kualitas Mediatek dengan  Qualcomm Snapdragon yang paling banyak di pakai oleh perusahaan SmartPhone ternama saat ini:

1. GPU

GPU atau Graphics Processing Unit adalah chip yang mengatur kinerja grafis di perangkat android kita. GPU prinsip kerjanya sama dengan Video Graphics Adapter (VGA) di PC/Komputer. GPU mempunyai peranan penting ketika Android kita digunakan untuk bermain game-game 3D kelas High Definition (HD) atau video berkualitas tinggi. GPU ini penting buat kamu yang sering main game atau mengolah grafis.

tapi, banyak dari mereka yang mengeluhkan bahwa Video dengan Adreno biasanya gk dedicated VRAM, dan akibatnya 'mencuri' RAM lebih banyak. sedangkn, GPU PowerVR, punya dedicated VRAM, tetap “mencuri” RAM tapi lebih sedikit, sehingga masih ada sisa untuk bisa main game.

2. Prosesor

Sebelum melakukan pembelian smartphone, adakalanya kita memeriksa spesifikasi Smrtphone yang akan kita beli termasuk RAM, prosesor, GPU dan lain-lain. Lebih lanjut, elemen paling utama di dalam smartphone adalah prosesor. Umumnya, orang mengenal MediaTek dan Snapdragon. Jika membandingkan dari segi quad-core Qualcomm Snapdragon 800 quad-core 2,2 GHz dengan MediaTek MT6582 quad-core 1,3 GHz, maka jawabannya sudah pasti Snapdragon 800 yang lebih baik.

kebanyakan orang mengenal “core lebih banyak, performa lebih cepat”. Nyatanya, hal ini tak selalu benar. Jumlah core lebih berpengaruh terhadap performa smartphone jika pengguna membuka banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Jadi, jika kamu jarang membuka banyak aplikasi bersamaan, jumlah core mungkin tak banyak membantu. Maka, manfaat prosesor multi-core pun tidak terasa.

3. Kamera dan Video

Mediatek mengejar teknologi terbaru seperti jaringan LTE, video recordig 4K dan sensor kamera lebih besar, sehingga bandrolan smartphone yang menggunakan chipset ini cukup mahal. 

Qualcomm mengumumkan chip 64 bit sudah diproduksi pada merek smarpthone A. Beberapa bulan kemudian, Mediatek akan menawarkan teknologi yang sama tapi tetap dipertahankan murah meriah.

Teknologi prosesor dibutuhkan untuk kamera yang lebih tajam (dalam ukuran megapixel), atau kamera video recording dan dukungan jarigan LTE (terakhir Gen6). Semakin canggih processor, teknologi camera 4K (Full HD X 4) atau display resolusi tinggi dapat ditangani.

Sementara, resolusi lebih tinggi dan kamera lebih tajam adalah suatu komponen yang cukup mahal, sehingga harga smartphone akan lebih mahal. Menurunkan perangkat lebih rendah seperti camera 8-10MP dengan resolusi lebih kecil dibanding smartphone high end, dan layar smartphone dengan resolusi lebih kecil, maka biaya produksi lebih murah termasuk prosesor yang dipakai dapat mengunakan tipe menengah. Jadilah rancangan smartphone kelas menengah atau kelas pemula. Strategi ini tampaknya lebih dipakai Mediatek.

4. Baterai
Jangan hanya fokus pada sisi positif yang dihasilkan dari prosesor multi-core. Kamu juga harus tahu bahwa banyaknya jumlah core prosesor, berakibat pada boros nya konsumsi daya yang dibutuhkan. Jadi, smartphone dengan jumlah core prosesor lebih banyak biasanya lebih cepat kehabisan baterai. Maka, smartphone yang memakai Qualcomm cenderung mudah panas dan boros batere.


itu dia perbedan dari Prosesor Mediatek dan Qualcomm Snapdragon, pilih lah Prosesor yang sesuai dengan kebutuhan anda. tapi, jika anda seorang Gamer, Qualcomm Snapdragon pilihan nya. jika anda senang berfoto dan mempunyai aktifitas biasa saja, pilihlah Mediatek.




loading...
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Kata Siapa ? Kata Kita ! Kosan Nomor 1