Header Ads

SALAH SATU SOLUSI UNTUK MENGATASI LAYAR LAPTOP YANG BERGETAR DAN TERKADANG LAYAR MATI LALU HIDUP LAGI





Pada kali ini saya akan memberikan solusi mengenai masalah yang dialami oleh sebagian pengguna laptop atau komputer jinjing, yaitu mengenai permasalahan kerusakan pada lcd yang bergetar dan terkadang layar mati lalu hidup lagi. sebetulnya permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya nya ialah kabel fleksible yang kendor bisa juga rusak. disini saya akan memberikan solusi untuk mengasi permasalah tersebut, untuk tutorial prakteknya disini saya akan menggunakan laptop saya sendiri dikarenakan kerusakan yang dialami hampir sama seperti judul artikel tutorial yang akan saya buat hehe..... dan untuk contoh kerusakan bisa dilihat pada video dibawah ini ya. siapa tau, tau yah...  maksudnya siapa tau kerusakan laptop yang dirumah para pembaca sama seperti yang saya alami. liat aja ya video nya jangan lupa diklik play biar bisa muter tuh video nya. hehe


Baiklah mari kita langsung praktekkan saja saudara, saudari dan sadayana....
tapi yang perlu diingat bagi para saudara, saudari ialah turorial ini saya sarankan bagi yang benar-benar mau mencoba nya saja dan tidak ada rasa kecewa bilamana nanti pada hasil akhir nya tidak sesuai harapan, dengan kata lain gagal atau tambah parah kondisi si laptop kesangan nya yah hehe.
soalnya kalau prinsip saya lebih baik mencoba daripada tidak mencoba. yang ada nanti penasaran. dalam arti kata  lain penasaran yang bersifat positif ya.... kalau yang saya sudah coba sih alhamdullilah berhasil, soalnya kalau tidak berhasil mana bisa saya menulis artikel ini ya. hehehe unik kan saya.... laptop yang saya pake disini merk nya win100, udah kaya motor ya. tapi bohong, hehe merk laptop saya yang akan dibetulkan lcd yaitu merk axioo neon keluaran tahun 2009-2010 klu engga salah ya. kalau salah maafin ya.

Mari jangan berlama-lama lagi kita langsung eksekusi saja.
yang pertama, yang perlu disiapkan sudah pasti obeng plus yang kecil ya, terus segelas kopi biar semangat ngoprek si laptop nya. kan biar cepet sembuh tuh lcd nya. biar engga pusing-pusing lagi  ngetiknya. hehe



lanjut ke tahap selanjutnya membuka baterai laptop supaya aman dalam menjalankan kegiatan mengopreknya  ya.


jika sudah, maka yang harus dibuka yaitu bagian keyboard di bagian atas bodi laptop, berhubung laptop saya sudah tidak terdapat keyboard nya, maka langsung saja kebagian bawah bodi untuk membuka baud menggunakan obeng plus yang telah dipersiapkan tadi bersama kopi kesayangan nya. lakukan hingga baud yang terpasang di bodi bawah sampai terlepas semua.



jika baud sudah terlepas semua buka bodi dengan cara mencungkil menggunakan baud yang berbentuk min ya, cungkil secara perlahan hingga bodi bawah dan atas terpisah. kebetulan gambar nya yang sudah saya coba dibetulkan kabel fleksible nya ya gaes. 


lanjut. ke tahap buka berbagai macam socket yang menempel ke mainboard laptopnya ya, yang saya tunjuk disini ialah socket fleksible. untuk proses membuka socketnya diharapkan dengan kehati-hatian asalkan jangan keparu-paruan aja gan nanti bisa menyebabkan kanker dan impotensi. hehehe canda dikit boleh kali.



jika sudah semua socket terlepas tinggal melepaskan mainbord dari bodi laptopnya saja, dan ini hasilnya laptop terbelah menjadi dua, bukan cinta saja yang bisa terbelah tapi laptop juga gg mau kalah dia pun memisahkan antara satu dan lainnya.hehe





sekarang tinggal membuka baud yang melekat di bodi lcd laptopnya ya. lakukan step yang sama hingga baud terlepas semua dibagian bodi lcd laptopnya.



jika sudah tinggal mencungkil bodi lcd laptopnya saja, secara perlahan-lahan dan rasa tenang hingga kita pun akan merasa senang kan.


nah inilah objek yang sangat penting dalam pembahasan yang kita bahas kali ini yaitu kabel fleksible nya gaes, mari lakukan sesuatu kepada beliau supaya bisa berfungsi seperti semula kembali. yaitu dengan cara menekan kedalam pada bagian socket fleksible nya supaya kencang kembali. dikarenakan bisa jadi layar bergetar dikarenakan kabel fleksible laptop nya kendor karena proses pemakaian kita bukan.


Jika sudah melakukan sesuatu pertolongan kepada kabel fleksible nya, mari kita coba untuk mengetesnya apa percobaan yang telah kita praktekkan tadi sudah berhasil atau belum. disini saya tidak dulu memasang bodi lcd dan bodi maiboardnya dikarenakan takut praktek pertolongan yang dilakukan belum benar, makanya saya biarkan keadaan nya belum dipasang bodi apapun jadi bilamana prakteknya gagal tinggal bongkar bagian mainboardnya saja supaya tidak repot membuka bodi nya lagi gitu loh gaes maksudnya. yang terpenting bila mau mencoba pengetesan sama halnya seperti yang punya saya diusahakan socket sudah terpasang dengan benar seperti semula, supaya tidak menambah kerusakan nantinya.
dari hasil yang sudah di praktekan tadi, maka hasilnya layar lcd laptop axioo dengan seri neon mng menjadi tidak bergetar dan hidup sperti semula ya gaes. 


jika dirasa sudah tidak lagi ada pergetaran di sekitar lcd, mari kita pasang seperti semula supaya keliatan bentuk aslinya lagi kan, biar enak dipandak laptop kita nya gaes, bukan begitu?....
dan inilah hasil jerih payah bongkar pasang si laptop demi upaya memberi pertolongan pada lcd yang bergetar gaes, jreng jreng mari kita klik tombol play nya ya. 


cukup sekian dulu ya tutorial mengenai mengatasi lcd laptop yang bergetar dan terkadang mati lalu hidup lagi. semoga dapat bermanfaat bagi anda pembaca dan juga yang belum membaca.
sampai bertemu kembali di tutorial-tutorial selanjutnya.
terima kasih...


SELAMAT MENCOBA

Bola merah adalah bundar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.