Header Ads

5 APLIKASI SSH CLIENT UNTUK SISTEM OPERASI WINDOWS



Holla guys di artikel kali ini saya akan memberitahukan 5 aplikasi ssh client yang berjalan di sistem operasi windows dan bisa kamu dapatkan secara gratis. Jika kamu menyewa Cloud Server atau VPS berbasis Linux (Centos, Debian, Ubuntu dan yang lainnya) untuk mengelolanya dibutuhkan aplikasi yang bisa berkomunikasi secara aman ke Cloud Server (VPS), salah satu jalur komunikasi yang aman bisa menggunakan akses SSH ke Cloud Server (VPS).


Apa itu SSH? 

SSH atau Secure Shell adalah sebuah protokol jaringan yang terenskripsi untuk menjalankan shell sessions atau bisa juga disebut terminal ( text based ) dengan aman, tidak bisa terbaca oleh orang lain.Dengan SSH, kita dapat menjalankan sebuah perintah pada mesin tujuan tanpa berada didekat mesin tujuan ataupun secara langsung menggunakan mesin tujuan, istilahnya Remote. User juga bisa membuat jaringan yang tidak aman ( seperti pada jaringan publik, wifi, dll ) menjadi jaringan yang aman, karena terkoneksi melalui SSH Tunneling. Jadi website, account, dll yang kita input tidak akan tercatat pada log di router ataupun server.

Berikut adalah 5 aplikasi SSH Client gratis untuk sistem operasi Windows:

1. Putty 

Putty adalah salah satu aplikasi SSH Client yang cukup populer dan banyak digunakan. Selain karena gratis Putty juga bisa dijalankan menggunakan OS Linux dan selain itu di dalam aplikasi Putty sendiri banyak fitur yang bisa dimanfaatkan.

Berikut sebagian fitur yang bisa ditemukan:

 -  Suport IP V 6
 -  Support SFTP
 -  Mendukung 3DES, Blowfish, Arcfour, DES, AES.
 -  Dukungan untuk koneksi lokal port serial
 -  Dan Fitur lainnya.

Baca Juga: Trial VPS Linux 1 Tahun Gratis


2. MobaXterm 

Salah satu aplikasi SSH Client gratis lainnya yang cukup lengkap fiturnya adalah MobaXterm. Dikutip dari situs resminya MobaXTerm menyediakan banyak fungsi remote SSH yang dirancang untuk Programmer, Webmaster, Server Administrator,dan hampir untuk semua pengguna.

Fitur yang bisa ditemukan antara lain :

  - Mendukung berbagai type koneksi : SSH, Rlogin, RDP, VNC, XDMCP, FTP, SFTP
  - Graphical SFTP browser
  - Multi-execution
  - Remote Windows Desktop
  - Dan fitur lainnya.
Solar Putty adalah klien SSH baru yang memiliki antarmuka multi-tab untuk mendukung beberapa sesi dari satu konsol. Solar Putty memiliki banyak fitur yang tidak ada di Putty seperti kredensial tersimpan, dukungan untuk beberapa sesi, akses cepat ke sesi terbaru dan integrasi pencarian Windows. Selain SSH, Solar Putty mendukung protokol telnet, SCP, SFTP TFP.

Antarmuka tab membuatnya mudah untuk membuat beberapa sesi dan beralih bolak-balik di antara mereka. Beranda seperti peramban menyediakan akses cepat dan intuitif ke sesi dan dengan kemampuan untuk menyimpan kredensial, Anda dapat membuat sesi SSH dalam satu klik sederhana.



4. SmarTTY 

SmarTTY adalah multi-tabbed SSH client gratis yang bisa di gunakan untuk akses Cloud Server via SSH. SmarTTY mengkombinasikan berbagai fitur dalam satu aplikasi. Fitur tersebut antara lain.

  - File editor tabs
  - Minimalistic/fullscreen view
  - One SSH session – multiple tabs
  - Transfer File
  - Dan fitur lainnya.


Baca Juga: Tutorial Lengkap Membangun Web Server di VPS Linux



5. mRemoteNG 

Aplikasi mRemoteNG bisa dijalankan secara portable di OS Windows. Dengan ukuran kurang lebih 37.2MB aplikasi mRemoteNG ini bisa digunakan dan dijadikan pilihan aplikasi untuk login ke SSH Cloud Server.

Fitur yang bisa ditemukan antara lain :

  - RDP (Remote Desktop/Terminal Server)
  - VNC (Virtual Network Computing)
  - ICA (Citrix Independent Computing Architecture)
  - SSH (Secure Shell)
  - Telnet (TELecommunication NETwork)
  - HTTP/HTTPS (Hypertext Transfer Protocol)
  - rlogin
  - Raw Socket Connections
 




Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya guys!!

No comments

Powered by Blogger.