Header Ads

BEBERAPA TEMUAN DI BAWAH LAUT MISTERIUS YANG SANGAT MENGAGUMKAN




hallo sahabat kita, kali ini saya akan membagikan beberapa berita tentang temuan bawah laut yang sangat mengagumkan.
seperti yang kalian ketahui laut merupakan tempat dimana manusia tidak bisa seenaknya masuk begitu saja tanpa peralatan yang lengkap, karena alasan itulah tidak banyak orang yang mengetahui bahwa di dalam laut sana banyak sekali temuan2 yang sangat mengagumkan dan misteruis, apa sajakah temuan itu mari kita simak sama-sama di bawah sini.

1. Pergerakan Lempeng Tektonik Di Bawah Laut


pemandangan menakjubkan pada gambar di atas adalah ketika Mid-Atlantic Ridge dilihat di bawah laut, menurut penelitian, kecepatan rata-rata dua lempeng tektonik ini saling menjauh adalah sekitar 2,5 cm pertahun

2. Great Blue Hole di Belize


Great Blue Hole merupakan lubang terbesar di bumi saat ini, sejak tahun 1971, jacques Cousteau menemukannya dan hingga saat itu lubang tersebut menjadi daya tarik wisata yang sangat populer.
the Great Blue Hole sebenarnya adalah sebuah gua kapur purba yang berasal dari saat zaman Es.
The Great Blue Hole memiliki kedalaman laut 125 Meter dengan Diameter 300 Meter

3. Sungai Bawah Laut Hitam


penemuan mengejutkan ini terjadi pada tahun 2010, dan menjadikannya sebagai sungai bawah laut pertama di dunia. 
di dalam laut hitam di temukan ekosistem yang mirip seperti di daratan seperti adanya pohon, binatang, sungai dan air terjun. kenapa itu bisa terjadi? menurut penelitian itu dikarenakan Air sungai bawah laut terbentuk karena kandungan Garam nya jauh lebih padat dari pada Air Laut Hitam. selain itu, tingkat sedimen air nya juga memungkinkannya untuk mengalir bebeas di bawah laut

4. Kota Kuno Bawah Laut Pavlopetri


kota kuno bawah laut Pavlopetri di temukan oleh Nicholas Flemming, para arkeolog memperkirakan bahwa kota pavlopetri adalah ibukota perdagangan saat itu, yang membuat penemuan ini menarik karena memiliki tatanan kota cukup lengkap seperti jalan, bangunan dan pemakaman.
Studi memperkirakan kota kuno bawah laut ini di berusia sekitar 2800 SM. konon katanya penduduk kota Pavlopetri adalah penduduk yang sangat maju. sampai suatu ketika sebuah gempa bumi dahsyat mengakibatkan kota kuno tersebut hilang di telan oleh lautan.
Pavlopetri diperkirakan berukuran sekitar 9000 meter persegi, dan lokasi nya terpencil diyakini sebagai penyebab kondisinya teteap terpelihara.

5. Mesin Pesawat Apollo 11


Di Tahun 2012, CEO dari Amazon, Jeff Bezos, melakukan ekpedisi untuk mencari mesin Apollo 11 yang hilang di lautan. Di tahun 2013, ekspedisi tersebut berhasil. mesin yang di duga dari pesawat Apollo 11 di temukan di Lepas pantai Florida, 4.267 meter dibawah permukaan laut.
Saturn v adalah nama Roket yang digunakan oleh Amerika untuk mengirim Astronot terbang ke luar Angkasa. Roket tersebut di buat oleh NASA sekitar tahun 1967-1973. Apollo 11 digunakan oleh Neil Armstrong, Michael Collins, dan Edwin E. Aldrin untuk terbang ke Bulan

6. Palung Mariana


Di Palung Mariana terdapat titik terdalam laut yang di sebut Challenger Deep, kedalaman maksimal yang pernah di ketahui adalah 11 kilometer, atau 35 kali dari tinggi menara Eiffel.
Palung Mariana pertama kali di temukan pada tahun 1875 oleh HMS Challenger, sebuah kapal angkatan laut Britania
Palung Mariana terbentuk akibat adanya tubrukan kuat antara lempeng tektonik Pasifik dan lempengan Filipina.
tubrukan itu yang mengakibatkan terciptanya titik yang lapisannya jatuh kedalam lapisan mantel Bumi. di perkirakan ini terjadi sekitar 180 juta tahun yang lalu

7. Kota Heracleion


Kota Heracleion atau juga yang di sebut Kota Thonis menghilang dari wilayah Mediterania sekitar 1.200 tahun yang lalu dan di temukan selama survey dari pantai mesir pada awal dekade terakhir.
Menurut para peneliti Kota Thonis adalah pelabuhan yang sangat maju pada zamannya dan merupakan jantung rute perdagangan utama dari Yunani Ke Mediterania, Mesir.
Kota Thonis diketemukan pada kedalaman 150 meter dibawah laut dan berada di Teluk Abouikir. Kota yang diperkirakan dibangun pada abad 8 sebelum masehi ini berada di Delta Sungai Nil yang menuju ke Mediterania.
Arkeolog bawah laut asal Perancis, Dr. Franck Goddio adalah orang yang pertama kali menemukan kota yang hilang ini ketika melakukan survey didaerah tersebut tatkala mencari sebuah Kapal Perancis yang tenggelam disana dalam pertempuran di Sungai Nil pada abad ke-8.
Ketika para penyelam mulai turun kedasar laut mereka seolah-olah tidak percaya dengan apa yang mereka lihat.

Sekian dan Terimakasih yang sudah membaca, mohon untuk kritik dan saran nya, silahkan untuk berkomentar di bawah ;)

No comments

Powered by Blogger.