Header Ads

CARA INSTALASI OS PADA VIRTUALBOX DI LINUX UBUNTU



Hello Bro&Sis. Kali ini tentang bagaimana sih men-setting dan menginstalVirtualBox di Linux ?. Pada dasarnya memang settigan VirtualBox untuk instalasi Os  nya sama saja dengan Windows. Ouh iya jika kalian sudah pernah mengintal Os di VirtualBox tetapi dengan menggunakan Os Windows, skip saja cara ini dan lanjutkan dengan cara yang sama pada Ubuntu kalian.

Okay..... Untuk yang belum pernah menggunakan VirtualBox, Kita lanjut.
Pertama-tama sobat harus mempunya bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:
  1. Kamu.
  2. PC/Latop yang terinstal Os Ubuntu.
  3. Terkoneksi dengan Internet.
  4. Peralatan yang membuat kamu santai dan berkonsentrasi.      
Ok yang harus kalian lakukan pertama kali adalah menginstal aplikasi VirtualBox dengan cara mengetikan pada Terminal Emulator kalian sudo apt-get install virtualbox, seperti pada gambar 1 di bawah, tunggu sampai selesai, nanti terdapat pilihan Y/N ketikan pada Keyboard Y. Gambar 1 di bawah menunjukan aplikasi VirtualBox sudah terinstal.
Gambar 1
Jika sudah terinstal, buka VirtualBox sobat dan pilih "New" serta tentukan pembagian RAM yang sobat mau, seperti pada gambar 2 di bawah. Ouh iyah pembagiannya harus menyesuaikan Os yang ingin diinstal yah, sebab jika asal menetukan akan berat dan lama sekali proses instalasinya. saya pakai 514 karena Os yang saya pakai ringan.

Gambar 2.

Selanjutnya  pilih "Create a virtual hard disk now" dan pilih "Create" seperti gambar 3 di bawah.
Gambar 3.

Selanjutnya pilih "VDI" seperti pada gambar 4 di bawah. Dan selanjutnya pilih "Dynamically allocated" seperti pada gambar 5 di bawah.


Gambar 4.

 Gambar 5.

Selanjutnya sobat tentukan besaran penyimpanan pada Os yang ingin sobat instal seperti pada gambar 6 di bawah, Ouh iya harus 2x lebih besar atau lebih dari besarnya Os yang ingin diinstal ya. saya memakai kapasitas 4,64 Gb karena memang Os yang saya instal sekitar 700mb'an.

Gambar 6.

Ok....kita lanjut ke settingan selanjutnya. Pada gambar 7 di bawah klik "Setting" posisi ada di kiri paling atas di sebelah New.

Gambar 7.

selanjutnya, di dalam tools setting sobat pilih storage seperti pada gambar 8 di bawah.

Gambar 8.

Selanjutnya, sobat pilih "Empty" dan di kotak sebelahnya sobat klik gambar "Kaset dan pilih Chose Virtual Optical Disk File" lalu sobat pilih Os mana yang ingin sobat instal di VirtualBox. Kalo saya memakai Linux Ubuntu 12.04 dan tekan "OK"LTS seperti pada gambar 10. 

Gambar 9.

Gambar 10.

Setelah itu tekan "ICON START", seperti pada gambar 11. Tunggu sampai selesai instalasi, jika sudah terinstal dengan benar sobat pilih "Tekan Icon X yang berada di atas menu file lalu pilih "Power off the machine" dan Ok, seperti pada gambar 12.

Gambar 11.

Gambar 12.

Lalu sobat pilih "Setting" dan pilih "Storage" klik Icon kaset yang berada di kolom Storage Tree lalu pilih ICON kaset yang berada kolom Attributes lalu pilih Remove disk from virtual drive" , hingga ICON pada kolom Storage Tree bertuliskan "Empty"  seperti pada gambar 13.
 

Gambar 13.

Okay cukup sekian dan terimaksih atas perhatian dan kesabarannya. Semoga bermanfaat. Thanks


1 comment:

Powered by Blogger.