Header Ads

CARA INSTALASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN IDS PORTSENTRY



Pada era yang medern saat ini internet adalah sebuah alat yang sangat membantu untuk mempermudah manusia untuk mencari informasi, berdagang, berkomunikasi dan banyak lagi.
Tapi dengan kemudahan mengakses internet sebenarnya banyak resiko yang tidak di ketahui pengguna yang hanya menggunakan internet tanpa memikirkan resiko yang bisa saja sangat merugikan sang penggunanya, dikarna kan dalam sisi cermelang internet terdapat sisi gelap yaitu sang crackers, crackers biasa menembus keamanan jaringan dan mengendalikannya, dangan terlebih dahulu menscanning port target untuk mengetahui informasi pada komputer target.

pada artikel ini membahas tentang instalasi sebuah keamanan jaringan menggunakan IDS portsentry untuk mencegah adanya serangan scanning port pada komputer kita, sistem keamanan jaringan ini diterapkan pada sistem operasi linux ubuntu.

Related image


Berikut ini tatacara penginstalan IDS Portsentry.

1. Buka Terminal Emulator dan ketikan $ sudo apt-get install portsentry.

Gambar 1

2. Pada Gambar 2 IDS terdapat file konfigurasi yang ada di direktori /etc/portsentry/portsentry.conf untuk  me-reject koneksi penyerang dengan iptables dan memfilter IP host penyerang melalui TCP wrapper. Untuk mengedit file /etc/portsentry/portsentry.conf dengan cara mengetikkan perintah # nano /etc/portsentry/portsentry.conf  pada terminal emulator. Pada gambar 2 memperlihatkan konfigurasi blocking UDP/TCP scann pada ignore options, memilih angka 1 untuk mem-block jika terjadi scanning port TCP dan UDP iptables ketika tertangkap melakukan kegiatan scanning port pada jaringan dengan cara menghilangkan tanda # pada konfigurasi KILL_ROUTE=”/sbin/iptables –I INPUT –s $TARGET$ -j DROP” seperti pada gambar 3.
Gambar 2
Konfigurasi TCP dan UDP
Gambar 3
Untuk mengetahui sistem keamanan tersebut bekerja atau tidak gunakanlah Nmap, AutoScanning dan cobalah serang komputer  yang menggunakan sistem kemanan IDS Portsentry ini. 

No comments

Powered by Blogger.