Sunday, 17 March 2019

CARA MEMBUAT BOOTABLE/INSTALAN WINDOWS DENGAN FLASHDISK TERBARU 2019

Hai guys kali ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat bootable windows menggunakan flashdisk yang nantinya akan digunakan untuk install ulang laptop atau pc kamu. Mungkin cara ini sangat bermanfaat ketika kamu ingin melakukan install ulang tetapi tidak punya cd windows atau dvd di laptop kamu rusak.


Apasih Bootable?
Bootable adalah sebuah fasilitas atau layanan yang ada pada setiap Sysem Oeprasi, yang mana fasilitas tersebut di letakkan pada media penyimpanan, seperti Flashdisk, CD/DVD, atau media penyimpanan lain. Mungkin selama ini kita berfikir bahwa yang di sebut Bootalbe itu adalah Flashdisk yang di dalamnya terdapat System Operasinya, Tapi tarnyata SALAH, karena yang di namakan bootable itu adalah media penyimpanan yang di dalamnya terdapat System Oprasi. Jadi bukan hanya CD/DVD saja, melainkan semua media penyimpanan juga bisa disebut Bootable asalkan didalamnya terdapat System Operasi, seperti Flashdisk, dan sebagainya.

Alat-alat yang perlu kalian siapkan:
1. Sebuah Flashdisk.
2. Software win2flash.
3. File ISO windows.
4. Laptop atau komputer.

Oke langsung saja kedalam tutorialnya cekidot!.
1. Download dan install aplikasi win2flash.

Link Download

2. Setelah di install kemudian kamu buka aplikasi win2flash, klik Next, centang I Accept Eula, klik Next pilih Free License, klik Next. Tunggu hingga prosesnya selesai, untuk lebih jelasnya liat gambar di bawah.


 

3. Jika sudah kamu pilih Windows Setup Bootable USB Wizzard, klik Next



4. Pilih I Have ISO Image, kemudian klik Next.


5. Pada bagian Windows File Path kamu klik Select dan cari file iso windows yang akan di jadikan bootable, misal di drive D:\Windows\WinXP.iso, kemudian pada bagian USB drive kamu pilih drive flashdisk kamu, jika sudah klik Next.


6. Pada bagian Ready to start klik Next. 


7. Pada bagian Format Warning kamu klik Continue, pada bagian ini flashdisk yang akan di jadikan bootable akan di format, sebaiknya kamu backup dulu jika ada data pentingnya.


8. Pilih I do accept the terms, dan klik Continue.


9. Tunggu hingga prosesnya selesai.

10. Jika sudah selesai kalian klik Exit.


Proses pembuat bootable menggunakan flashdisk telah selesai dan siap digunaka untuk install ulang laptop atau pc kamu, sekian postingan kali ini semoga bermanfaat, jika berkenan share ke teman kaliaan, thanks guys!!

No comments:
Write comments