Tuesday, 26 March 2019

CARA MUDAH MERUBAH IP VPS MENJADI SEBUAH DOMAIN

Hola guys untuk melanjutkan artikel saya yang sebelumnya tentang Cara Membuat Website di VPS dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan cara merubah IP VPS menjadi sebuah domain agar lebih mudah di ingat, dan lebih user frendly ketika kita membagikan website kita.

Apa itu Domain? 

Domain adalah alamat dari sebuah website. Jika diibaratkan, domain merupakan sebuah alamat yang akan menuntun pengunjung menuju ke lokasi kavling atau bangunan. Biasanya domain dalam bentuk situsanda.com atau situsanda.id, ataupun yang lainnya. Untuk domain biasanya memiliki akhiran, yang disebut dengan ekstensi domainuntuk ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll, kemudian ada juga domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id, dll, untuk daftar lengkapnya dapat dilihat pada halaman domain. DomaiNesia memiliki domain murah dengan berbagai ekstensi yang bisa anda dapatkan.
Sumber: https://www.domainesia.com/panduan/apa-itu-domain-hosting-ssl-website/



Cara Merubah IP VPS Menjadi Domain

Untuk merubah IP VPS menjadi sebuah domain kamu ikuti penjelasan dibawah ini dengan seksama dan teliti.
1. Kamu siapkan 1 Domain aktif, jika tidak punya dan mau yang gratisan kamu bisa baca artikel tentang Cara Mendapatkan Domain Gratis 1 Tahun.
2. Dalam artikel ini saya menggunakan domain dari freenom secara gratis, jika kamu sudah mendaftarkan domain di freenom kemudian kamu pergi ke halaman Manage Domain.

Baca Juga: Trial VPS Linux 1 Tahun Gratis Tanpa Kartu Kredit 



3. Klik Manage Freenom DNS



4. Kemudian tambahkan Add Records, pada bagian Name, yang pertama kamu kosongkan dan bagian yang kedua isi dengan WWW, pada bagian Target kamu isikan dengan IP VPS kamu, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.


Tunggu prosessnya 5-10 menit atau bahkan bisa juga sampe 24 jam tergantung penyedia dari vpsnya, di artikel ini saya menggunakan VPS dari Microsoft Azure dan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.

Uji Coba Domain 

Jika proses merubah IP menjadi domain telah kita selesaikan, kemudian kita akan melakukan uji coba domain tersebut.
1 Uji coba akses SSH VPS menggunakan domain.




Baca Juga: 5 Aplikasi SSH Client Untuk Sistem Operasi Windows 

2. Melakukan uji coba mengakses Website yang dibuat di VPS menggunakan domain.


Baca Juga: Cara Membuat Website di VPS

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa di share thanks guys!

No comments:
Write comments