Header Ads

CARA REMOTE VPS (VIRTUAL SERVER) DENGAN MUDAH UNTUK PEMULA



Hola sahabat kita, dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan cara meremote VPS Linux dari Windows dengan mudah, sebelumnya kamu sudah tahukan apa itu vps? Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan.

Apa itu Remote VPS?   

Remote VPS dapat dilakukan melalui akses SSH ke server. Nah pada dasarnya, remote VPS via SSH sama halnya ketika anda melakukan akses SSH ke Hosting. Apabila melalui Linux, anda dapat menggunakan Terminal. Jika menggunakan Windows, dapat menggunakan Software PuTTy. Remote VPS berguna agar anda dapat melakukan konfigurasi dan pengaturan di Virtual Server sesuai kebutuhan. Layaknya server sendiri, anda dapat melakukan instalasi sesuka hati.


Remote VPS Menggunakan Aplikasi Putty

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk remote VPS menggunakan jalur SSH tapi pada artikel kali ini saya akan menjelaskan remote VPS menggunakan aplikasi Putty karena penggunaannya yang sangat simple dan mudah, oke langsung saja:

1. Download dan install aplikasi putty.
2. Kamu cek terlebih dahulu berapa IP VPS kamu, dan pastikan port SSH sudah terbuka, pada gambar dibawah saya menggunakan VPS dari Microsoft azure.

Baca Juga: 5 Aplikasi SSH Client Untuk Sistem Operasi Windows




3. Buka aplikasi putty dan dibagian Host Name kamu isikan IP VPS kamu, kemudian klik Open.


 4. Klik Yes pada bagian Putty Security Alert.

 

5.  Isikan username dan password VPS kamu.


Baca Juga: Cara Membuat Website di VPS Linux

Cara remote VPS dapat dilakukan via SSH melalui Software PuTTy. Setelah melakukan remote VPS, maka kamu dapat melakukan konfigurasi atau instalasi apapun ke dalam virtual server. Perlu diingat bahwa semua Virtual Server berbasis Unix dan menggunakan sistem operasi Linux dengan berbagai distro. Untuk itu, dalam melakukan konfigurasi di server harus menggunakan perintah/ command Linux.


Sekian postingn kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa di share yaw! 

No comments

Powered by Blogger.