Header Ads

SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT (BAB I) BAGIAN 5 LINGKARAN SETAN



Image result for sebuah seni untuk bersikap bodo amat

Dan, anak-anak lain barusan menghasilkan USD2 juta karena membuat applikasi yang secara otomatis bisa mengeluarkan tisu toilet ketika sudah habis.

Sementara itu, anda terjebak di rumah, sedang membersihkan gigi kucing anda. Dan anda mau tidak mau, befikir bahwa hidup anda sepuluh kali lipat lebih menyebalkan dari yang semula anda kira.

Lingkaran Setan seoalah telah mewabah, sehingga membuat banyak dari antara kita terlalu tertekan, terlalu gusar, dan terlalu membenci diri sendiri.

Padahal, di era kakek saya dulu, saat merasa kesal ia biasanya hanya berkata dalam hati. "Ya ampun, hari ini saya benar-benar merasa seperti 'tahi kerbau'. Tapi, yeah, bukankah ini yang dinamakan hidup. Okelah, Kalau begitu, lebih baik sekarang kembali menyekop jerami."

Tapi sekarang? jika saat ini anda merasa seperti seperti "tahi kerbau" bahkan untuk 5 menit saja, anda akan dibombardir dengan 350 gambar orang-orang yang benar-benar gembira dan memiliki hidup yang sangat menyenangkan, dan mustahil untuk tidak merasa seolah hidup anda seungguh keliru tujuh turunan.

itulah yang menjadi sumber kekacauwan. Kita merasa kecewa atas kekecewaan itu sendiri. Kita merasa bersalah atas rasa salah itu sendiri. Kita jadi marah gara-gara amarah yang menyulut. Kita jadi cemas karena perasaan cemas itu sendiri. Apa yang salah dangan saya?

Inilah mengapa bersikap masa bodoh, adalah kuncinya. Inilah alasan mengapa itu akan menyelamatkan dunia. Dan kuncinya adalah jika kita bisa menerima bahwa dunia ini benar-benar keparat dan itu tidak apa-apa, karena memang seperti itu, dan akan seperti itu adanya.

Dengan tidak ambil pusing ketika anda merasa buruk, Berarti anda memutus lingkaran setan; anda berkata pada diri sendiri, "saya merasa sangat buruk, tapi terus kenapa! Apa pedulimu?" Dan kemudian, ibarat ditaburi debu ajaib peri, anda berhenti membenci diri anda sendiri saat merasa begitu kecewa.

George Orwell mengatakan bahwa untuk mampu melihat apa yang ada tepat di depan batang hidung hidung kita sendiri, dituntut suatu perjuangan tanpa henti. Ya, solusi atas tekanan dan kecemasan yang kita rasakan ada di hadapan kita, tapi kita malah terlalu sibuk menonton film porno dan iklan mesin pembentuk otot perut yang sama sekali tidak berguna, dan masih terus penasaran mengapa kita tetap belum berani mengencani cewek seksi berambut pirang itu padahal perut sudah six-pack.

Kita sering bercanda di dunia maya tentang "masalah-masalah di negara maju,"namun kita sesungguhnya telah menjadi korban dari kesuksesan kita sendiri. Masalah kesehatan yang dipicu oleh stres, ganguaan kecemasan, dan kasus-kasus depresi telah melejit tinggi 30 tahun belakangan ini, meskipun faktanya setiap orang sudah punya TV layar datar dan sekali klik, belanjaan anda sampai di depan rumah. Krisis kita bukan lagi soal materi; namun soal eksistensi, ranah spritual. Kita punya begitu banyak barang dan peluang, sampai-sampai kita tidak tahu lagi yang bisa kita kerjakan saat ini.                   

No comments

Powered by Blogger.