Tuesday, 21 May 2019

CARA MENGGANTI SPUL PENGISIAN HONDA WIN 100 MENGGUNAKAN HONDA PRIMA

Selamat malam sahabat kita berjumpa kembali dengan katakita yang akan selalu memberikan tutorial menarik untuk mengatasi permasalahan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari dan khususnya pada pembahasan kali ini akan berbagi tutorial mengenai cara mengganti spul pengisian Honda Win 100 diganti dengan menggunakan spul Honda Prima. 
Spul terbagi atas dua macam. Ada spul untuk untuk pengapian dan ada juga spul untuk pengisian kalau engga salah sih begitu setau saya. hehe
Jadi awal nya saya membaca info dari grup Facebook bahwa spul pengisian Honda Win 100 sama seperti punya nya motor Honda Prima, jadi saya kepikiran untuk menggantinya. dikarenakan spul Honda Prima kan keluaran nya sudah 12 volt sedangkan spul Honda Win 100 hanya 6 volt saja. 
Jadi Alat dan Bahan yang perlu disiapkan untuk mengganti spul Honda Win 100 menggunakan spul Honda Prima antara lain:

Alat:
1. Kunci 8 T
2. Kunci 12 T/Shock
3. Baut ukuran 8 untuk menahan magnet
4. Traker untuk menarik magnet
5. Obeng plus + untuk membuka baut spul
6. Solder jika ada, untuk melepaskan spul dari kabel bodi

Bahan:
1. Spul Honda Prima pengganti spul Honda Win

Nah jika Alat dan Bahan sudah siap kita langsung praktekan saja bagaimana cara mengganti step by step nya ya sahabat Kita.
Pertama kalian siapkan kunci 8 T untuk membuka box penutup bagian magnet, putar baut menggunakan kunci 8 T

Selanjutnya jika sudah terbuka box bagian penutup magnet nya lanjut untuk mengendorkan baut pengunci magnet menggunakan kunci 12 T/shock jangan lupa untuk mengganjel bagian tonjolan ke dudukan pulser magnet menggunakan baut ukuran 8, putar baut ke arah bawah. dan disaran jika blum pernah membuka bagian magnet ini untuk berhati-hati ya sahabat. sama saya juga masih dalam tahap mencoba. karena yang membuat berani mencoba itu motor punya sendiri kalau punya orang lain mah saya juga engga berani.... hehe

jika sudah terlepas baut pengunci magnet nya tinggal mengeluarkan magnet menggunakan traker. kalau sahabat mau membeli bisa cek di toko online dan untuk kisaran harganya antara Rp. 45.000-70.000 rb tergantung kualitas produk. pasang treker ke celah lubang as magnet lalu kencangkan traker ke magnet jika sudah kencang melekat ke magnet sahabat tinggal memukul as traker menggunakan palu agar magnet bisa terlepas, putar as traker pelan-pelan sampai magnet terlepas.

jika magnet sudah terlepas, lalu tinggal melepaskan spul dengan kabel bodi menggunakan solder. dan biasanya kalau spul dan kabel masih original belum pernah diganti atau dilepas sebelumnya akan sulit untuk dilepaskan karena saya mengalami sendiri. ya namanya juga pemula.... hehe. jika sudah terlepas spul dengan kabel bodi tinggal melepaskan baut pengunci spul menggunakan obeng plus ya sahabat...

Dan yang perlu diingat sahabat jika as magnet sudah agak oblak sedikit, benar-benar hanya sedikit ya. ini dikarenakan klaher stang seher yang sudah berumur akan mengakibatkan spul akan mentok kebeberapa bagian, maka cara untuk mengatasi nya ialah dengan mengikis bagian besi spul bagian pinggirnya menggunakan gerinda atau kikir supaya bagian magnet agar tidak macet karena berbenturan dengan spul. ini terjadi pada motor Honda Win 100 punya saya. ya mudah-mudahan bagian magnet motor Honda Win sahabat masih dalam keadaan baik dan normal, jadi tidak perlu untuk mengikis spul segala ya sahabat.

Lanjut.......

Nah jika spul motor Honda Win sudah terlepas, maka sahabat tinggal memasang spul Honda Prima ke motor Honda Win kalian.
caranya tak berbeda jauh seperti kita melepaskan nya juga sih. 

pertama kalian pasang dahulu spul lalu kencangkan dengan baut menggunaka obeng plus. jika sudah kencang kalian tinggal menyolder kembali spul ke kabel bodi. lalu tutup bagian spul dan kabel bodi yang sudah disolder dengan penutupnya kembali, jika penutup bawaan nya sudah tidak ada bisa diganti menggunakan solatip hitam untuk kabel.

jika sudah disolder dan terpasang dengan rapi, Sahabat tinggal memasang kembali magnet nya dengan mengepaskan dengan celah dan tonjolan yang berada bagian as dan juga magnet tersebut lanjut dengan memasang ring dan juga baut nya lalu kencangkan menggunakan kunci 12 T.

Nah jika sudah terpasang. sahabat Kita bisa mencobanya terlebih dahulu dengan menyalakan motor Honda Win nya. nyalakan lampu jika lampu bisa menyala itu tandanya pemasangan spul nya sudah berhasil dipasang.
Kalau sudah berhasil lampu menyala sahabat Kita tinggal memasang penutup magnet nya saja kencangkan baut menggunakan kunci 8 T.

Mungkin itu saja sedikit tutorial mengenai cara mengganti spul Honda Win 100 menggunakan Honda Prima. dan untuk harga spul Honda Prima di tempat saya Rp. 50.000 merk F*k*y*m*a.. mungkin berbeda harga di setiap daerah ya sahabat....
Tunggu pengalaman pribadi mengenai permasalahan dan bagaimana cara mengatasi motor Honda Win 100 sendiri bagi yang ingin mencobanya dirumah.....

TERIMA KASIH SELAMAT MENCOBA!!!!!

No comments:
Write comments